Magister Biologi (S2)

Field Biology Course to students in tropical Asia: The Biodiversity of Borneo

Arnold-arboretumHarvard University dan CTFS-AA menawarkan Field Biology Course to students in tropical Asia: The Biodiversity of Borneo.

Arnold Arboretum dan Pusat Hutan Tropis Sains (CTFS-AA) bekerjasama dengan Harvard University Summer School menawarkan kuliah lapangan Biologi yang akan diselenggarakan di Sarawak dan Sabah dari 8 Juni sampai 22 Juli 2009.  Sepuluh peserta dari Asia Tenggara akan bergabung dengan 10 mahasiswa Harvard University untuk mempelajari keanekaragaman hayati darat dan laut, ekologi, konservasi.

Kuliah akan dipandu instruktur dari Harvard University dan lembaga lainnya (termasuk Taman Nasional Sabah, Sabah Forest Research Center, Sarawak Forestry Corporation, Univ. Malaysia Sabah, Yayasan Sabah).


Hutan dan terumbu karang Borneo Utara memiliki keanekaragaman yang tinggi di dunia. Hutan menjadi tempat tinggal Orang Utan, Julang, Badak, dan lebih dari 5000 spesies tumbuhan. Peserta akan mengunjungi Taman Nasional dan suaka kelas dunia (Lambir, Kinabalu, Maliau)., untuk mendapatkan pehamaman mendalam pengaruh lingkungan terhadap komposisi jenis, serta proses ketahanan biodiversitas hutan dan terumbu karang.

Diseluruh Borneo, telah belangsung pemanenan kayu dan terumbu karang secara intensif. Kuliah ini akan mengeksplorasi kompleksitas konservasi saat ini. Termasuk mengunjungi hutan restotasi, yang lestari dan untuk perdagangan karbon. Juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bertemu dengan orang-orang yang tinggal di dalam hutan, untuk memahami motivasi mereka mengenai konservasi.

Fitur utama kegiatan ini adalah untuk mengembangkan ketrampilan dalam desain proyek penelitian, pelaksanaan, dan analisis dengan menggunakan software statistik ‘R’. Mahasiwa akan menyelesaikan dua proyek terpisah, mulai dari konsep hingga presentasi, dan berpartisipasi dalam proyek kelompok terumbu karang. Mahasiswa juga akan mendapatkan ketrampilan pengolahan database dan publikasi web, dengan mengembangkan catatan digital perjalanan.

Kuliah ini ditujukan kepada mahasiswa S1 tingkat akhir, Sarjana baru, atau mahasiswa baru S2, yang aktif dalam penelitian bidang biologi.
Perjalanan, konsumi, akomodasi akan ditanggung untuk peserta dari Asia (ASEAN, PNG, India, Sri Lanka, Bangladesh, China). Akan dilaksanakan seleksi untuk merepresentasi perwakilan internasional.

Untuk informasi lebih lanjut dapat dilihat di situs:
http://phylodiversity.net/borneo-course/
Pertanyaan dan material lengkap dapat diminta kepada:
Dr. Cam Webb (bb09app@phylodiversity.net)

Batas akhir aplikasi ditutup pada 15 Maret 2009.

Comments are closed.