Magister Biologi (S2)

Seminar Nasional Biologi 2013 Bahas Ketahanan Pangan

simnasbio-backdrop-ppt1

Semarang.undip.ac.id. “masalah penting yang dihadapi peternakan nasional ialah kurangnya bibit unggul yang cocok untuk wilayah dengan iklim tropika lembap Indonesia, sehingga tidak bisa memenuhi kebutuhan pangan nasional.” Hal ini didampaiakan oleh Prof. Wasmen Manalu, PhD beliau adalah Guru Besar IPB pada acara Seminar Nasional Biologi 2013 yang diselenggarakan oleh Jurusan Biologi Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro, 14/9, di Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2MP) lt.2 Gedung Widyapuyara , kampus Undip Tembalang.

Lebih lanjut Wasmen mengatakan bahwa “Secara umum, masalah utama dalam ketahanan pangan nasional Indonesia ialah bahwa daya produksi pangan nasional kita jauh lebih rendah dibandingkan dengan laju pertumbuhan penduduk, Usaha yang dilakukan sampai saat ini ialah impor induk dan bakalan dari daerah subtropis atau temperate yang setelah sampai dan dipelihara di Indonesia tidak dapat menunjukkan potensi genetik yang dijanjikan akibat kondisi iklim dan lingkungan yang tidak sesuai dan manajemen yang belum optimum”.

“Tantangan utama bagi para ilmuwan biologi hewan di Indonesia ialah menggunakan ilmu-ilmu biologi hewan untuk meningkatkan daya reproduksi dan produksi ternak dan ikan kita untuk memenuhi permintaan untuk mendukung ketahanan pangan nasional”ujarnya.

“Pendekatan biologi yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan ini ialah dengan memperbaiki kondisi perkembangan anak selama di kandungan dengan memperbaiki kondisi hormonal, lingkungan uterus, dan kandungan induk.  Kondisi lingkungan uterus sudah diketahui mempengaruhi perkembangan embrio dan fetus serta mempengaruhi bobot lahir dan akhirnya juga mempengaruhi pertumbuhan anak setelah lahir serta kesehatan dan kehidupan anak setelah dewasa” tandasnya.

Ketua Panitia acara, Dr. Tri Retnaningsih S, MApp.Sc menyampaikan bahwa Kegiatan ini bertujuan untuk mendeterminasikan hasil-hasil penelitian tentang pemanfaatan sumber daya hayati nasional yang berorientasi pada peningkatan produktivitas untuk menopang ketahanan pangan nasional. Meningkatkan peran serta ilmuwan biologi dan bidang keilmuwan yang serumpun dalam meningkatkan dan mengembangkan pemanfaatan sumber daya hayati yang berwawasan lingkunga.

Lebih lanjut ia menuturkan bahwa “ Seminar ini juga sebagai bentuk dari peran serta institusi pendidikan dalam mensosialisasikan dan membangun kesadaran tentang pembangunan yang berwawasan lingkungan serta mengenalkan potensi keanekaragaman hayati nasional dan upaya pemanfaatan yang menunjang ketahanan pangan.

Seminar yang ditujukan bagi para peneliti dari Universitas, Institusi dan industry yang relevan, mahasiswa, guru, penggiat lingkungan serta stakeholder lainya yang bergerak di bidang penelitian pemanfaatan dan konservasi sumber daya hayati ini akan menghadirkan pembicara lain seperti Dr. Enny Yusuf Wachidah Yuniwarti, MP yaitu Peneliti sekaligus Dosen dari FSM Undip, serta Masna Mayasinta, SSi dari Indonesian Biotechnology Research Institute for Estate Crops, Bogor-Indonesia.

“Saya mengharapkan seminar ini dapat menjadi forum komunikasi antar peneliti Biologi dengan peneliti dari institusi/industry yang terkait, institusi pendidikan dan stakeholders lainya terutama dalam pengembangan dan pemanfaatan sumberdaya hayati yang berorientasi pada peningkatan produktiviats yang menunjanga ketahanan pangan nasional” ujar Dr. Tri Retnaningsih. Ir

Sumber : www.undip.ac.id

=============================================================

—– Gie—–

=============================================================

Leave a Reply

 

 

 

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>