Magister Biologi (S2)

Menanam Pohon untuk Inisiasi Hutan Kampus Undip

penanaman-pohon1

Semarang, bio.undip.ac.id. Civitas akademika Jurusan Biologi FSM UNDIP pada Jumat (21/3) sore melaksanakan kegiatan penanaman pohon di kawasan Kampus UNDIP Tembalang. Kegiatan ini sebagai bentuk realisasi rencana Proyek Hutan Kampus UNDIP yang diproyeksikan menjadi hutan edukasi berbasis ekowisata di masa mendatang.

Kegiatan ini dihadiri oleh Dr. Muhammad Nur, DEA selaku Dekan FSM yang sekaligus mengawali kegiatan penanaman. Kegiatan penanaman ini dikoordinasi oleh tim dari Jurusan Biologi yang bertindak selaku ketua pelaksana yaitu Dr. Jafron Wasiq Hidayat, M.Sc.

Hutan kampus ini nantinya tidak sekedar berfungsi sebagai tempat wisata saja bagi civitas akademika UNDIP dan masyarakat sekitar, namun lebih dari itu bahwa aspek konservasi juga menjadi fungsi dominan yang akan diwujudkan dalam proyek hutan kampus ini.

Dengan adanya hutan ini nanti dapat menahan air lindih atau air hujan sehingga tidak menyebabkan banjir di kawasan Semarang bawah. Selain itu, penanaman pohon dengan karakter tanaman yang menjulang yang terdiri tanaman buah dan beragam jenis ini akan mampu mendatangkan spesies satwa langka. “Keberadaan hewan langka yang datang di lokasi hutan ini nantinya secara konservasi merupakan capaian prestasi tertinggi” ungkap Jafron Ketua pelaksana Proyek Hutan Kampus UNDIP yang juga pakar di bidang biologi lingkungan itu.

Sementara itu Dekan FSM menyatakan bahwa jika hutan ini jadi tentu akan menjadi tempat wisata yang menarik. Hutan ini juga dapat menjadi sarana pembelajaran yang baik bagi siswa. Apalagi jika  dilengkapi dengan sarana seperti fasilitas outbond, camping dan pendukung lainnya.

Kegiatan penanaman berlangsung sampai sore hari. Kondisi lahan tanah yang becek dan berlumpur tidak menyurutkan semangat para dosen dan mahasiswa untuk mensukseskan penanaman pohon di hutan kampus Undip ini. Tekad “Konservasi lingkungan” menjadi agenda penting bagi para ilmuan Biologi dan masyarakat pada umumnya demi kehidupan  di masa mendatang yang lebih baik.

Gie/Adm~bio

Leave a Reply

 

 

 

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>