Magister Biologi (S2)

Fasilitas

Jurusan Biologi memiliki berbagai fasilitas yang berguna untuk menunjang aktivitas pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Berbagai fasilitas tersebut tersebar baik di tingkat jurusan maupun laboratorium. Fasilitas ini tidak hanya dapat diakses oleh staf dan mahasiswa biologi, namun dapat dimanfaatkan juga oleh pengguna dari jurusan lain di Universitas Diponegoro maupun universitas lain.

1. Studio Komputer dan Internet

Studio KomputerFasilitas utama komputer berada di Gedung Lab, Lantai 3, Ruang R.308. Tersedia 10 unit komputer multimedia, dilengkapi dengan printer dan scaner.  Semua komputer dilengkapi dengan software komputasi dasar. Beberapa memiliki software khusus untuk sains, diantaranya u2ntuk analisis statistik, analisis genetik, analisis suara, dan pengolahan citra. Selain di studio, fasilitas komputer juga tersedia di masing-masing laboratorium.

Semua fasilitas komputer terhubungan dengan jaringan lokal, dari tingkat laboratorium, jurusan, fakultas, sampai universitas. Selain dengan jaringan lokal, terhubung juga dengan jaringan INHERENT DIKTI dan internet.

2. Perpustakaan

PerpustakaanPerpustakaan berada di Gedung Lab, Lantai 3, Ruang R.308. Koleksi yang dimiliki meliputi lebih dari 600 judul Skripso, 1000 judul textbook, 20 judul jurnal, 50 judul CD-ROM, dan ribuan judul pustaka digital. Sistem pelayanan bersifat terbuka, yaitu pengunjung bebas memilih koleksi. Sifat koleksi terbagi dua macam, referensi hanya dibaca ditempat dan sirkulasi dapat dipinjam pulang. Pelayanan buka setiap hari pada jam kerja.

3. Rumah Kaca dan Kebun Percobaan

Rumah kaca dan kebun percobaan berada di sebelah Gedung C. Fasilitas ini terutama digunakan untuk penelitian bidang botani. Dilengkapi juga dengan bak danakuarium untuk penelitian botani akuatik.

4. Ruang Multimedia

Ruang MultimediaRuang Multimedia berada di Gedung C, Lantai 3. Ruangan ini bersifat multifungsi, dapat digunakan untuk perkuliahan, seminar, rapat, atau pertemuan lain. Tersedia kelengkapan audio visual, komputer, dan LCD proyektor untuk menunjang kegiatan presentasi.

5. Ruang Seminar

Ruang Seminar berada di Gedung C, Lantai 3. Tersedia dua ruangan yang dapat digunakan untuk seminar proposal penelitian dan ujian tugas akhir mahasiswa. Tersedia komputer dan LCD proyektor untuk kebutuhan presentasi.

6. Ruang Laboratorium Praktikum

Ruang PraktikumRuang Laboratorium Praktikum berada di Gedung Lab, terdiri dari tiga ruangan yaitu R.101, R.201 dan R.301. Tiap ruang praktikum dilengkapi dengan fasilitas standard serta berbagai peralatan laboratorium.

7. Ruang Laboratorium Riset

Ruang Laboratorium RisetRuang Laboratorium Riset berada di Gedung Lab, pada tiap lantai. Ruangan ini digunakan untuk melaksanakan penelitian staf maupun mahasiswa. Daftar peralatan yang dimiliki dapat dilihat pada masing-masing website laboratorium.

8. Ruang Kuliah

Gedung KuliahRuang kuliah menempati Gedung A dan B. Terdapat beberapa alokasi ruangan dengan berbagai kapasitas.

Comments are closed.