Magister Biologi (S2)

Penjaminan Mutu

Sistem Penjaminan Mutu Akademik

Sistem penjaminan mutu akademik di Jurusan Biologi mengacu pada sistem penjaminan mutu akademik di Universitas maupun di Fakultas. Pelaksanaan sistem penjaminan mutu akademik dilaksanakan secara berjenjang. Sistem penjaminan muktu akademik pada tingkat Universitas dilaksanakan oleh Badan Pejaminan Mutu (BPM), pada tingkat Fakultas pelaksananya adalah Tim Penjaminan Mutu Fakultas (TPMF) dan pada tingkat Jurusan dilaksanakan oleh Gugus Penjaminan Mutu (GPM).

Gugus Penjaminan Mutu Jurusan Biologi, Fakultas MIPA, Universitas Diponegoro merupakan organisasi yang terdiri atas dosen di Jurusan Biologi dan berperan untuk merumuskan standar akademik dan kemudian mengevaluasi pelaksanaannya sehingga dihasilkan standar baru yang terus menerus diperbaharui. Standar akademik Jurusan Biologi merumuskan visi, misi, kompetensi dan tujuan yang dijabarkan melalui kurikulum. Kurikulum bukan hanya berisi sekelompok mata  kuliah tapi juga mencakup proses pembelajaran.

Rencana proses pembelajaran harus dituangkan dalam bentuk:

  1. Rumusan Tujuan Instruksional
  2. Garis Besar Program Perkuliahan (GBPP)
  3. Satuan Acara Perkuliahan (SAP)
  4. Kontrak Perkuliahan
  5. Buku Ajar

Evaluasi kurikulum dilaksanakan untuk:

  1. Merespon perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
  2. Merespon perubahan sosial diluar sistem pendidikan
  3. Memenuhi kompetensi dasar mahasiswa
  4. Merespon perubahan sistem pendidikan

Evaluasi kurikulum dilaksanakan secara berkala dengan melibatkan berbagai pihak terutama stakeholders.

Agar proses pembelajaran berjalan secara optimal maka tidak hanya perlu dilakukan evaluasi tetapi juga harus ada dukungan  untuk terciptanya suasana akademik yang kondusif. Suasana yang kondusif harus diberikan oleh dosen, staf administrasi  dan tenaga laboratorium kepada mahasiswa sehingga mendukung proses pembelajaran.

Comments are closed.