Magister Biologi (S2)

Tugas Akhir

Tugas Akhir (6 sks) bertujuan melatih mahasiswa untuk melaksanakan penelitian dalam rangka pemecahan masalah dengan metoda ilmiah baku, sehingga dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah. Pemilihan topik penelitian tergantung minat dan prestasi yang dimiliki masing-masing mahasiswa dengan arahan dosen wali dan dosen lainnya.

Tugas akhir terdiri atas Seminar Proposal (1 sks), Seminar Hasil Penelitian (1 sks) dan ujian Tugas Akhir (4 sks). Seminar proposal  dan SHP tidak perlu dituliskan di KRS. Tugas akhir ditulis di KRS setelah selesai melaksanakan seminar proposal, seminar hasil penelitian, menempuh matakuliah minimal 100 SKS, dan IPK minimal 2,50.

Seminar Proposal

Seminar bertujuan untuk melatih mahasiswa menyusun makalah, menyajikan materi ilmiah, dan melakukan diskusi ilmiah. Proposal yang disusun sekaligus merupakan Proposal Penelitian. Seminar mulai dapat dilaksanakan setelah mahasiswa memperoleh minimal 80 SKS, dengan IPK minimal 2,50, dan dapat diambil bersamaan dengan kerja praktek.

Seminar Hasil Penelitian

Setelah penelitian selesai, data yang didapatkan selanjutnya dianalisis, kemudian diseminarkan. Seminar Hasil Penelitian menyajikan rencana alur pembahasan yang mengacu pada sumber pustaka berupa jurnal yang sudah dipelajari.

Ujian Tugas Akhir

Format laporan skripsi secara rinci terdapat dalam buku pedoman penulisan karya ilmiah jurusan biologi.  Ujian tugas akhir merupakan ujian akhir mahasiswa Biologi untuk menyelesaikan pendidikan S1 Biologi.

Pembimbingan

Aktivitas Kerja Praktek dan Tugas Akhir dibawah bimbingan dosen. Kerja Praktek dibimbing oleh satu dosen pembimbing, sedangkan Tugas Akhir dibimbing oleh dua dosen pembimbing, dan dimungkinkan maksimum 3 orang.

Comments are closed.